Rabu, 16 Januari 2013

Tricor ( Trichocerma hanzianum dan Tricoderma sp)

Merupakan cendawan atau jamur yang diformulasi dalam bentuk padat yang tidak larut dalam air, sehingga untuk penyemprotan ada baiknya diambil supernatantnya ( cairan yang bening) atau seluruh bahian dari larutan yang ada disemprotkan pada tanaman sehingga tanaman cenderung akan  lebih tahan terhadap serangan penyekit .
Tri-hans mampu memproduksi enzim Carboklsillmethylcellulase dan xilanase. Juga memproduksi enzyme Urease, Selulase, glukanase, kitinase  dan apabila media yang ada tersedia kitin dalam jumlah yang cukup banyak, sehingga mampu memproduksi kitinolitik  serta  enzyme kitinase yang berguna untuk meningkatkan aktivitas biokontrol terhadap pathogen yang mengandung kitin ( contoh kitin adalah bagian dari kulit terluar serangga yang keras, dan kitin ini tdak hanya terdapat pada seraggan saja)  sehingga dinding sel/ kulit luat pathogen dapat  rusak dan pathogen akan mati.

Trichoderma hanzianum, mampu memproduksi asam sitrat dan ethanol, adanya  asam citat atau ethanol / alcohol pada daerah perakaran akan mengurangi  penetrasi serangan  hama tanaman, sehingga performance tanaman akan semakin sehat.
Pada Trichoderma hanzianum  memiliki anti fungal yang cukup tinggi, jadi kemampuannya membunuh jamur  cukup baik, banyak jenis jamur ( fungi) yang terbukti dapat  dikendalikan dengan  Trichoderma hanzianum  dan dapat beradu dengan pathogen yang menyerang tanaman sehingga tanaman yang diberi inokulum  Trichoderma hanzianum  cenderung akan  lebih tahan terhadap serangan penyekit.
Trichoderma banyak  digunakan sebagai pengendali beberapa penyakit yang disebabkan oleh bakteri atau jamur lain yang menyebabkan antara lain Fusarium  oxysporum ( penyakit layu fusarium/ busuk pada pangkal batang tanaman dan  busuk akar),Disamping itu Tri-hans juga dapat digunakan untuk pengendali penyakit layu ( pisang, tomat dan cabe) serta penyakit tular tanah.


Kemasan sachet isi 200 gr harga Rp 8.000,-

0 komentar:

Posting Komentar

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Lady Gaga, Salman Khan