Minggu, 13 Januari 2013

RALAT ( Racun Lalat )

Ralat merupakan larutan yang berwarna putih susu kecoklatan yang diformulasi secara khusus untuk menanggulangi populasi lalat dewasa (imago) sehingga gangguan akibat lalat bisa ditekan.
Ralat mampu membunuh semua jenis lalat , baik lalat rumah (Musca domestica ) yang sangat umum dijumpai disekitar kita, lalat hijau (Green bottle fly atau greenbottle fly atau yang termasuk dalam genus calliphoridae ) yang amat mengganggu dan menjijikkan, lalat besar maupun lalat buah.

Aroma dan warna yang ada pada Ralat diformulasikan disukai oleh lalat hingga bila lalat hinggap pada percikan lalat pasti akan memakannya dan dalam hitungan menit bahkan detik akan memberikan efek  pada lalar  dengan gejala sayap mulai bergetar tidak normal, terbang melingkar-lingkar dan kemudian mati denormulasikan dengan racun yang menyerang syaraf sehingga kendali sayap terganggu dan lalat mulai pusing serta racun lambung yang menyebabkan perut/ abdomennya membengkak dan berwarna putih.
Setiap kematian lalat akan memberikan cirri fisik yang sama seperti tersebut dgan abdomen membengkak
Ralat merupakan pelopor umpan lalat dalam bentuk cair yang multi guna, bisa sebagai umpan dan bisa sebagai obat semprot. Namun kami sangat menganjurkan penggunaan dengan cara percikan, karena dengan cara percikan akan menghindari adanya generasi populasi lalat yang resisten, dan bila disuatu daerah resistensi sudah terjadi maka akan tidak baik bagi lingkungan.
Ralat merupakan hasil temuan pertama di Indonesia ( Th 1998) yang berupa cairan dan penggunaannya dengan cara percikan, saat pertama diaplikasikan belum ada yang melakukannya. Hal ini dilakukan karena pentingnya kita menjaga ekosistim dan lingkungan kita agar bersih namun tidak merusak lingkungan
Penggunaan dengan percikan adalah dengan cara buka tutup luar yang berwarna merah, kemudian tutup dalam dilobangi dengan paku, ujung gunting atai pisau kecil, kemudian tutupkan kembali tutup luar dan kocok dengan baik  buka kembali baru dipercikkan pada tempat-tempat yang banyak dihinggapi lalat, atau pada nampan plastic atau tempat lain yang tidak menyerap missal dikandang pada kantong goni bekas pakan, lalu nampan atau tempat laian yang telah diberi percikan Ralat ditempatkan pada lantai atau tempat yang banyak dihinggapi lalat.
Percikan Ralat ini bisa digunakan beberapa hari, namun bila kering silahkan semprot atau perciki kembali dengan sedikit air agar basah kembali, namun tingat kematian pada penggunaan hari ke 2 akan berkurang disbanding hari pertama.
Namun pada beberapa kasus misalnya diseputar kandang ayamatau diluar kandang penggunaan dengan percikan kadang sulit untuk diterapkan, karena tidak ada lantai semen atau bila menaruh nampan plastic akan memerlukan jumlah yang cukup banyak, maka bolehlah Ralat digunakan dengan cara penyemprotan, namun tentusaja harus di encerkan terlebih dahulu,
Awal aplikasi dengan penyemprotan lakukan pengenceran yang tinggi misalnya 1 botol Ralat vol 250 ml encerkan dengan air sebanyak 3,5 liter, masukkan dalam alat sprayer kocok dan semprotkan ecara merata .
Untuk kasus adanya populasi lalat yang lebih tinggi bisa dilakukan pegenceran lebih rendah         ( larutan akan lebih pekat) misalnya Ralat vol 250 ml larutkan dengan 2 liter air atau 1,5 liter air kemudian gunakan untuk penyemprotan.
Ralat juga memiliki kemampuan bisa membunuh semut dan kecoa.
Tips untuk membunuh kecoa sebagai berikut :
Kecoa biasanya keluar dimalam hari dari lobang-lobang pembuangan air, misalnya dari lobang air buangan dikamar mandi. Silahkan percikkan atau semprotkan Ralat disekitar lobang pembuangan air, Namun bila tidak memungkinkan karena bisa terguyur air maka taruh tempat platik beri percikan Ralat didekat lobang pembuangan air di waktu malam hari, maka bila di dalam saluran air ada banyak populasi kecoa, maka dipagi hari kita akan melihat sejumlah kecoa yang mati dengan posisi terlentang.
Untuk penggunaan pada semut.
Penggunanan bisa dipercikan pada lantai dan tempat-tempat yang banyak dihinggapi  semut atau bila semut naik ke atas meja atau permukaan lain, maka kuaskan ralat tanp[a pengenceran pada kaki meja atau tempat lain yang menjadi akses merayapnya  semut ke bagian yang lebih tinggi.
Upayakan untuk tidak terjadi kontak dengan makanan.
Volume yang tersedia :
-kemasan botol 100 ml isi tiap dus 24 botol harga perbotol Rp 10.000,-
-kemasan botol 250 ml isi tiap dus 20 botol harga perbotol Rp 17.500,-
-kemasan botol 500 ml isi tiap dus 15 botol harga perbotol Rp 28.000,-
-kemasan botol 1000 ml isi tiap dus 15 botol harga perbotol Rp46.000,-
-kemasan jerican   5 ltr ml isi tiap dus 3 botol harga perliter Rp 43.000,-
-kemasan jerican   20 ltr ml harga perliter Rp40.000,-

0 komentar:

Poskan Komentar

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Lady Gaga, Salman Khan