Minggu, 13 Januari 2013

MINARAYA Lele

Untuk hidup dan perkembangan lele secara optimal perlu kolam yang sehat dan bebas dari penecemaran dan ketersediaan pakan alami berupa phytoplankton maupun zooplankton dan algae serta kandungan Disolved Oxigen yang tercukupi ( DO air + 8 ppm). Kolam yang tercukupi oksigen ini akan membuat lele tenang didalam kolam  tanpa harus berulangkali muncul dipermukaan air untuk mencari asupan oksigen, disamping itu lele yang tidak naik turun energy yang berasal dari pakan akan digunakan untuk pembentukan tubuh bukan sebagai sumber tenaga sehingga lele akan cepat gemuk/ besar.

Di dalam kolam juga bisa dijumapai faeces, bangkai ikan dan sisa pakan dan hal ini bisa menyebabkan pencemaran kolam atau turunnya kualitas air kolam bila didalam kolam didominasi oleh bakteri yang merugikan, namun dengan pemberian Minaraya didalam kolam maka kolam akan didominasi oleh bakteri yang menguntungkan dan faeces, serta sisa pakan dan bangkai ikan ini justru diolah menjadi bahan dengan ikatan yang lebih sederhana dan bisa dimakan/ digunakan  oleh phytoplankton/zooplankton dan phytoplankton maupun zooplankton ini akan masuk kedalam rantai makanan sehingga secara tidak langsung dapat digunakan kembali oleh lele.
Disamping itu adanya sisa pakan dan kotoran serta faeces oelh bakteri tertentu dapat diubah menjadi gas  ammoniak, H2S dan gas methan, dimana kehadiran gas-gas ini didalam kolam bisa meracuni kolam dan menghambat pertumbuhan ( inhitoring factor) sehingga lerle menjadi sulit tumbuh.
Kolam yang tercukupi sinar matahari dan diberi minaraya, akan Nampak hijau, dan kolam yang hijau ini menunjukkan ketersediaan phytoplankton dan udara yang baik sebagai hasil fotosintesa dan kolam yang hijau ini biasanya memiliki kandungan pH yang netral sekitar 7  sehingga membuat ikan tidak stress ( lele biasanya akan stress bila ada perubahan pH yang extrim, misalnya sesudah hujan lebat, pH kolam turun menjadi lebih asam kolam tidak berwarna hijau lagi dan stress yang berkepanjangan bisa meningkatkan mortalitras lele) namun bila kolam berwarna hijau maka ketersediaan pakan alami akan lebih baik dan pemberian pakan tambahan bisa dikurangi atau pada pemberian pakan tambahan yang sama akan membantu lele makin cepat besar.
Disamping itu Minaraya mengandung Berbagai bakteri yang mengurai bahan makanan sehingga makanan yang diberi minaraya akan makin mudah dicerna dan pertumbuhan lele makin cepat. Adapun komposisi bakteri yang ada adalah Lactobacilus acidhphilus, Biffidobacterium loggum, Sachharomycetes cerreviceae, dll.  Yang sangat poluler berpengaruh positive bagi penguraian bahan pakan.
Minaraya mengandung MIX HERBAL  pilihan asli Indonesia yang sangat sering dijumpai dalam keseharian kita misalnya jahe ( Zingiber officinale), Temu lawak, Temu ireng,  kunyit dengan komposisi yang tepat sehingga satu sama yang lain akan berfungsi saling melengkapi untuk mendukung kesehatan lele, sehingga makin tahan terhadap serangan penyakit.

Cara penggunaan :
1, Sebagai campuran pakan;
Berikan 1 tutup untuk 2,5 kg pakan, caranya ambil air bersih + 100 ml beri 1 tutup Minaraya  lalu aduk dan campur secara merata atau semprotkan kedalam pakan ikan dan langsung diberikan ke lele ( tidak perlu diperam).
2, Pada air kolam.
Tuangkan Minaraya lele 2 –  6 liter per ha kolam,  berikan 2 minggu 1 X.
3, Pada saat persiapan kolam (sebelum benih      dimasukkan).
Methode persiapan kolam ada berbagai cara< bila mengunakan pupuk andang atau kompos organic untuk persiapan kolam, maka tuangkan larutan Minaraya kedalam dasar kolam yang berisi air dan pupuk kandang, tunggu 1  s/d 2 minggu atau sampai kolam tidak ada fermentasi ( ada gelebung oksigen) dan sudah mulai berwarna hijau.
Kemasan : 1 liter Harga Rp 25.000,-

0 komentar:

Posting Komentar

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Lady Gaga, Salman Khan